5 Manfaat Bunga Asoka / Soka Merah (Red Ixora) Terhadap Kesihatan





** sila hubungi kami untuk membeli anak pokok ini dengan harga murah. stok adalah terhad.

Pohon asoka adalah pohon yang dianggap suci oleh agama Hindu. Pohonnya akan mengeluarkan harum pada malam hari di bulan April dan Mei setiap tahunnya.

Pohon tanaman ini sering diasosiasikan dengan cinta dan kesucian. Di Indonesia, dikenal dua jenis bunga asoka, yakni pohon asoka yang tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting atau disebut juga glodokan tiang (Polyalthia Longifolia) dan asoka biasa (Polyalthia sp.) yang memiliki ranting dan berdaun runcing. Biasanya tanaman ini digunakan untuk penghijaun maupun tanaman hias.

Orang-orang Eropa sering menyebut tanaman ini Flame of the Wood atau api dari hutan karena warna bunganya yang cerah serta mencolok layaknya api.

Bunganya dapat digunakan untuk mengobati disentri hemoragik dengan cara ditumbuk halus serta dicampur air, kemudian bunga ini juga bisa dipakai sebagai obat bagi orang yang haidnya tidak teratur,dan dapat mengobati luka memar dengan meminum air rebusan dari bunga asoka yang ditambah bunga mawar kering dan umbi daun dewa.

Bunga dengan nama Latin Sarca Indica ini merupakan tanaman dari family Caesalpiniaceae. Bunga yang menjadi salah satu tanaman suci di India ini memiliki kandungan beberapa jenis zat yang bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah kandungan zat hematoksilin, zat organik, zat tanin, zat besi, saponin, flavonoid, dan catachin, yang kesemuanya terdapat di dalam seluruh bagian bunga cantik ini. Dan tahukah Anda bahwa bunga Asoka memiliki rasa yang manis dan menyejukkan?

Berdasarkan kandungan dan fakta tersebut, tentu kita juga mengetahui bukan bagaimana khasiat dan manfaat bunga asoka untuk tubuh.

Manfaat Bunga Asoka

1.     Mengatasi Disentri Homorganic dan Wasir. Caranya cukup dengan menumbuk bunga asoka dan tambahkan sedikit air matang, kemudian diminum setengah gelas saja.

2.   Mengobati luka memar. Caranya adalah dengan merebus bunga Asoka beserta daunnya sebanyak 30 gr, umbi dari daun dewa sebanyak 10 gr, dan bunga mawar yang dikeringkan sebanyak 10 gr dengan air sebanyak 600 cc hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum dua kali sehari setelah makan.

3.   Melancarkan haid yang tidak teratur. Caranya adalah dengan merebus bunga Asoka dan mawar sebanyak 15 gr dengan 90 gr daun Aloe Vera yang telah dibersihkan dan dipotong-potong menggunakan air sebanyak 600 cc hingga tersisa 200 cc. Kemudian saring dan minum dua kali sehari, masing – masing 100 cc.

4.      Mengobati kram pada betis. Caranya adalah dengan merebus 2 tangkai bunga Asoka, 30 gr daun sembung yang masih segar, dan 3 kuntum bunga mawar dengan air sebanyak 600 cc hingga tersisa separuhnya. Saring dan minum dua kali sehari setelah makan.

5.      Mengatasi tekanan darah tinggi. Caranya adalah dengan merebus bunga Asoka dengan air murni sebanyak 600 cc hingga tersisa setengahnya. Lalu minum satu gelas sehari setelah makan malam.

Mohon WhatsApp Kami Di +60 11 – 1752 8521 Atau Klik Di Sini Untuk Respon Yang Segera. Ruangan Komen Dibawah Hanyalah Sekadar Ruangan Perkongsian Ilmu. Terima Kasih!